Langsung ke konten utama

Pidato untuk Ujian Praktek

Yang terhormat,
Bapak penguji yang saya hormati
Serta teman-teman yang saya sayangi
Selamat pagi dan salam sejahtera

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya kita semua dapat melaksanakan "Ujian Praktek bahasa Indonesia" pada hari Rabu ini dengan baik dan lancar.
Yang terhormat Bapak penguji serta teman-teman yang saya banggakan
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan “Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Siswa.”
Menurut Iskandar Alisyahbana, teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi, sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari kata “techne” yang artinya cara dan “logos” yang berarti pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurut Iskandar adalah cara melakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra dan otak manusia.
Di zaman yang kian mengglobal ini, kita seakan dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Kita semakin mendapat kemudahan dalam menjalani hari-hari kita, tetapi justru kemudahan itulah yang kadang membawa pengaruh buruk bagi kita. Sehingga menimbulkan pengaruh negatif dari perkembangan teknologi terhadap pembelajaran, yaitu:
1.     Siswa menjadi malas belajar.
Misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, siswa merasa tidak perlu repot-repot mengerjakan, karena cukup mencari bahan lewat Internet dan meng-copy paste karya orang lain, sehingga siswa menjadi malas berusaha dan belajar.
2.     Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
Selama ini sering kita lihat dan dengar di siaran televisi, tentang adanya kebocoran soal ujian. Hal ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih, kita mampu mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain. 
3.     Kurangnya interaksi antara guru dan siswa.
  Disamping pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi, akan muncul pula pengaruh positif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi dalam pembelajaran, yaitu
1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
Dampak dari hal ini adalah guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap materi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran dari Internet.
2. Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. 
Dalam Penggandaan soal Ujian, untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Namun dengan perkembangan teknologi, yaitu adanya mesin foto copy, semua itu dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.
3.     Menambah daya tarik, minat, dan motivasi untuk belajar.
Mengenai manfaat teknologi dalam pembelajaran sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Jika manfaat teknologi dalam pembelajaran bagi pendidik, antara lain:
1.     Pendidik dapat lebih mudah mencapai tujuan pendidikan.
2.     Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas pembelajaran.
3.     Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
4.     Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
Jika manfaat teknologi dalam pembelajaran bagi siswa, antara lain:
1.   Siswa dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
2.     Siswa tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran.
3.     Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik.
4.  Sesuatu yang sulit / kompleks menjadi lebih mudah untuk dimengerti siswa.
Perkembangan teknologi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, dan akurat dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi dalam dunia pendidikan.
Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh dari kemajuan teknologi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita. Karena budaya dalam negeri adalah ciri khas negera kita sendiri, yang patut kita jaga.
Semoga apa yang telah saya sampaikan tadi bisa bermanfaat bagi kita semua. Cukup sekian kiranya yang dapat saya sampaikan, dan terima kasih pula atas perhatian Bapak penguji dan teman-teman. Mohon maaf  bila ada tutur kata atau tingkah laku yang kurang berkenan di hati.

Sekian dan terima kasih.





Sumber:

"http://erwiniindrioko.blogspot.co.id/"
"https://docs.google.com/document/d/10sgeFk3cIC7mVymU36QEwPOSPDaD2foDkMA2UB14eDk/edit?hl=in"
"http://blog.ugm.ac.id/2010/10/05/perkembangan-teknologi-di-indonesia-2/"




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kartun Anak Tahun 90-an [Spacetoon] - Part 1

Semua orang pasti pernah mengalami masa anak-anak. Untuk anak-anak kelahiran tahun 90-an, ada banyak banget nih hiburan pada saat itu. Salah satunya yang paling terkenal adalah kartun yang dibawakan oleh siaran TV Spacetoon yang berfokus pada program animasi untuk anak-anak. Nah, di bawah ini adalah kartun-kartun yang pernah aku lihat di siaran Spacetoon beserta gambar dan video opening- nya. Dengan begini, kita bisa mengenang kembali masa kecil kita yang penuh dengan kartun-kartun yang menarik, yang dulunya sering bikin kita duduk di depan televisi untuk menunggu kartunnya mulai. Go To : ||  Part 1  ||   Part 2   ||   Part 3  ||   Kartun Lainnya   ||   ||   Theme Song Spacetoon   || A. Petualangan 1. Yatterman 2. Time Bokan 3.  Time Quest / Time Travel Tondekemen 4.  Kiramekiman  5.  Paul's Miraculous Adventure 6.  Absolute Boy 7.  Bistro Recipe 8.  Tesuke Samurai Cop 9.  Crocket! 10. Cooking Master Boy 11. Kungfu Boy

Kartun Anak Tahun 90-an [Spacetoon] - Part 2

Hai semuanya!  Awalnya ga kepikiran nih untuk bikin part 2 dari "Kartun Anak Tahun 90-an [Spacetoon]" ini. Tapi karena banyak yang cari dan request kartun-kartun lainnya. Ini ku hadirkan semua di part 2 yaa.  Selamat bernostalgia!!! Go To : ||   Part 1  ||  Part 2  ||   Part 3  ||   Kartun Lainnya   ||   ||   Theme Song Spacetoon   || A. Petualangan 19. Digimon 20. Jungle Book 21. Ninja Boy (Ninja Rantaro) 22. Ranma 1/2 23. Temple The Balloonist 24. We Bare Bears 25. Yakari B. Komedi 16. Alfred J Kwak 17. Barbapapa 18. Jankenman 19. Kobo Chan 20. Sneezing Magician 21. UFO Baby C. Aksi 10.  Hikarian 11. Shurato 12. Tekkaman Blade 13. VS Knight Lamune & 40 Fire 14. Web Diver D. Bon-Bon 19. George Shrink 20. Magic House 21. Robocon  22. Monchichi 23. Shoe People 24. The Babaloos 25. The Berenstrain Bears 26. Timothy Goes to School 27. Zoobaboo E. Zomoroda 27. Akazukin Cha Cha 28. Alpine Rose 29. Heidi, Girl of the Alps 30. Honey Honey 31. Jang Geum's Dream 32. Leave It

Kartun Anak Tahun 90-an [Spacetoon] - Part 3

Hai semuanya! S udah lama banget ga sempat untuk buat postingan baru untuk kalian semua, karena sibuk dengan urusan pekerjaan. Berikut silakan nikmati lanjutan part 3 kartun-kartun jadul kesayangan kita yaa!!😆😆 Enjoyy!!! Go To : ||   Part 1  ||   Part 2   ||    Part 3 ||   Kartun Lainnya   ||   ||   Theme Song Spacetoon   || A. Petualangan 26. Dragon Ball   27. Kungfu Story of Taiji Panda         28. One Piece   29. Belle and Sebastian   30. Kimba The White Lion 31. Tom Sawyer    32. Elliot Kid   33. The Adventures of Huckleberry Finn   B. Komedi 22.   Midnight Horror School   23. Doraemon   24. Tom and Jerry   25. Dororonpa   C. Aksi 15. Shin Hakkenden   16. Iron Kid   17. Ninku   18. Transformers    D. Bon-Bon 28. Kabutaku   E.  Zomoroda 36.   Tangled The Series   F. Olahraga 12. Captain Tsubasa         13. Mach Go Go Go   14. Attack No.1   15. Mecha Blade   16. Yoroshiku Mechadoc   17. Flash and Dash     18. Yu-Gi-Oh!  G. ABC 5. Once Upon a Time ... Life   6. Once Upon a Time ...